242 Jemaah Sudah Istithaah diminta segera Lunasi BIPIH

Seksi PHU

Dumai (Inmas) – Hingga hari ke 16 sejak dibukanya pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) tercatat 2626 jemaah haji urut porsi dan lansia se provinsi Riau yang melunasi atau sebanyak 52 Persen. Drs. H. Sudarmanto Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kota Dumai menjelaskan dari total jemaah haji Riau yang lunas hingga tanggal 31 Januari 2024, untuk jemaah haji kota dumai terdata 198 orang jemaah reguler dan cadangan.

Lebih lanjut Kasi PHU Kota Dumai menjelaskan jika melihat dari hasil Istithaah yang sudah dirilis SISKOHAT sore kemarin (31/01/24) sebanyak 242 jemaah haji Dumai yang sudah istithaah. Artinya cukup banyak, sehingga seharusnya 242 jemaah ini sudah bisa melunasi BIPIH. Sebab jika data istithaah ini diadu dengan data sudah lunas berarti ada 44 jemaah yang belum melakukan pelunasan.

Menyikapi hal tersebut Sudarmanto yang pernah menjabat di beberapa Kepala KUA Kecamatan di Kota Dumai ini berpesan agar jemaah yang belum lunas segera melakukan pelunasan sebab batas pelunasan tahap 1 akan berakhir pada tanggal 12 Februari 2024. Jika jemaah yang sudah istithaah sengaja tidak melunasi secara otomatis akan diberangkatkan pada tahun depan 2025.

Adapun rekapitulasi jemaah yang sudah istithaah diantaranya jemaah reguler yang sudah istithaah berjumlah 223 orang, sedangkan jemaah cadangan yang sudah istithaah berjumlah 19 orang total 242 Jemaah. Terkait hal ini Kemenag Dumai juga terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Dumai, bagi jemaah yang sedang menunggu hasil istithaahnya keluar diminta untuk bersabar, dan data ini akan update dan dikirimkan ke group whatsapp jemaah setiap harinya. (nik)