Siswa MTsN 1 Dumai Raih Juara 1 Lomba Mengulas Buku Kategori SMP/MTs Kota Dumai 2022

Madrasah Negeri

Dumai (Inmas) – Raihana Tasya Zahra yang merupakan siswa dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Dumai meraih Juara 1 Lomba Mengulas Buku pada Kegiatan Pembudayaan Kegemaran Membaca Kota Dumai Tahun 2022 dengan tema “Peran Orang Tua dan Masyarakat Dalam Menumbuhkan dan Meningkatkan Minat Baca Anak,” yang ditaja oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai.

Kegiatan yang dilangsungkan di Ballroom Hotel Grand Zuri ini, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdako Dumai, H. Muhammad Syafei, S.Sos, M.Si, Rabu (02/11/2022).

Tampak hadir dalam kesempatan ini Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini Paisal, SKM, yang juga selaku Bunda Literasi Kota Dumai, Kepala Dispersip Dumai Drs. H. Syawir Kasim, M.Si, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Dumai Hj. Yusmanidar, S.Sos, M.Si.

Hadir juga Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Maini Asna, SKM, M.Si, Kepala Diskominfotiksan Dumai yang diwakili Sekretaris Dinas Muhammad Zakir, S.IP, M.Si, ketua panitia kegiatan irna Ariyanti, S.Sos, organisasi penggiat literasi, para Kepala Sekolah/Madrasah, pejabat struktural dan pustakawan Dispersip Kota Dumai, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya mewakili Wali Kota Dumai, Asisten III Syafei mengatakan, kemajuan suatu bangsa dan negara yang pastinya ditopang oleh kemajuan seluruh daerah, bisa dilihat dari kemajuan perpustakaan dan budaya membaca rakyatnya.

Peningkatan budaya gemar membaca jelas muaranya adalah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang cerdas, kompetitif dan inovatif. Untuk itu, perlu upaya yang terarah dan berkelanjutan.

“Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah sebagai leading sektor terus memfasilitasi pengembangan budaya gemar membaca, salah satunya melalui kegiatan Pembudayaan Gemar Membaca yang ditaja Dispersip Dumai ini,” ungkap Syafei.

Ia berharap kegiatan positif ini dapat berkelanjutan dan mampu untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya generasi muda di Kota Dumai.

Sebelumnya, Kepala Dispersip Dumai Syawir Kasim mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini yaitu, menumbuh kembangkan kegemaran membaca masyarakat melalui berbagai literatur untuk meningkatkan literasi di Kota Dumai.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak dan masyarakat Dumai, serta menambah kecintaan anak-anak kita terhadap budaya nusantara,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, untuk mendukung kegiatan Pembudayaan Gemar Membaca, Dispersip Dumai beberapa waktu lalu telah menyelenggarakan Kegiatan Lomba Gemar Membaca se Kota Dumai.

“Jenis-jenis perlombaannya yaitu, Lomba Membacakan Nyaring kategori umum dan kategori SD, MI dan sederajat dan Lomba Mengulas Buku kategori SMP, MTS dan Sederajat dengan total peserta 32 orang. Insyaallah, hari ini akan kita umumkan para pemenangnya,” sebut Syawir.

Selain pengumuman pemenang lomba, Pemerintah Kota Dumai turut memberikan penghargaan kepada para penggiat literasi kategori komunitas, pemustaka, dan perorangan sebagai bentuk apresiasi atas kepeduliannya terhadap peningkatan budaya gemar membaca di Kota Dumai.

Penghargaan untuk organisasi atau komunitas di raih oleh ATPUSI Kota Dumai, IGTKI-PGRI Dumai, Forum Taman Bacaan Masyarakat Kota Dumai, dan Komunitas Kampung Dongeng.

Kemudian, penghargaan kategori Insan Peduli Literasi diraih oleh Dedi Dasmon, Kategori Pustakawan diraih oleh Rizcha Defriyani, Kategori Perpustakaan Keliling diraih oleh Suroyo. Dan untuk Kategori Pemustaka didapatkan oleh Syamsuarman dan Juniar Rosmaida.

Tak hanya itu, Pemko juga memberikan penghargaan kepada 3 (tiga) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah berperan, mendukung, dan mempublikasikan perpustakaan dan minat baca yaitu Disdikbud Dumai, Dinas PPPA, dan Diskominfotiksan Dumai.

Pemberian penghargaan diserahkan langsung oleh Asisten III didampingi Bunda Literasi Kota Dumai dan Kepala Dispersip Dumai kepada Kepala Disdikbud Dumai, Kepala Dinas PPPA Dumai, dan Kepala Diskominfotiksan Dumai yang diwakili oleh Sekretaris Dinas. (Arief)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *